top of page

Bintang Capella

Blog Tips

Home: Welcome
Home: Blog2
  • Bintang

Cara Menyimpan Cardigan Rajut Wanita agar Tahan Lama



Cardigan kesayangan yang mulai lusuh memang sangat menjengkelkan. Hal ini sering terjadi karena penggunaannya yang sudah beberapa kali sehingga mudah rusak. Tidak perlu khawatir, anda dapat mengatasinya dengan melakukan beberapa tips menyimpan cardigan rajut Wanita di bawah ini.


Tips Menyimpan Cardigan Rajut


1. Melipat Cardigan

Kebanyakan orang menyepelekan bagaimana cara menyimpan cardigan yang benar. Mereka cenderung lebih memilih menggantungnya di gantungan baju dalam lemari. Padahal, menggantung cardigan bukanlah cara menyimpan pakaian yang tepat. Sebab, hal tersebut dapat membuat cardigan cepat melar karena bahannya yang berat. Maka dari itu, sangat disarankan melipat cardigan untuk menyimpannya.


Ketika melipat pakaian, sebaiknya gunakan kertas tisu untuk melapisi lipatan agar tidak mudah kusut. Anda dapat menggoyangkan cardigan sebelum dilipat untuk menghindari adanya kerutan dan memastikan bahwa cardigan telah terbentang rata. Tetap berhati-hati dalam melipatnya dan usahakan tidak meregangkan karet elastis.


Sangat disarankan untuk melipat cardigan saat masih hangat setelah dikeringkan. Sebab, kain hangat lebih lembut dan lentur sehingga mudah dilipat dengan rapi tanpa menghaluskan lipatan. Kemudian, cardigan yang telah dilipat bisa disusun dengan tumpukan pakaian yang berbahan sama dan dari yang terbesar hingga terkecil.


Bagi anda yang masih kesulitan melipat pakaian, cobalah dengan papan lipat agar kegiatan melipat lebih rapi, seragam, mudah dan cepat. Inovasi modern ini dapat membantu anda memastikan lipatan cardigan sempurna setiap saat. Selain cardigan, papan lipat juga bisa digunakan untuk melipat berbagai jenis pakaian lain. Kegiatan ini dapat anda lakukan sambal menonton film agar tidak jenuh.


cek koleksi cardigan rajut dari Benang Jarum di sini!


2. Pastikan dalam Keadaan Bersih

Terkadang, cardigan hamper digunakan setiap hari sehingga tampilannya terlihat berbeda dari awalnya. Apalagi, cardigan berbulu yang cukup sulit dirawat. Anda bisa membersihkannya setiap bulu dan benang menggumpalnya muncul. Gunakan alat cukur untuk membersihkan bulu tersebut.


3. Menyikat Kotoran dengan Sikat Halus

Cardigan rajut wanita akan tampak lusuh jika banyak kotoran yang menempel. Pada umumnya, hal ini terjadi karena ketombe, helaian rambut dan serat-serat benang. Dalam hal ini, anda dapat membersihkannya dengan sikat gigi yang lembut dan bagus. Sehingga, anda lebih mudah membersihkannya.


4. Terapkan Teknik Cuci yang Tepat

Sebagian besar cardigan hanya bisa dicuci dengan tangan terutama berbahan wol. Perlu dicatat, hindari mencucinya dengan mesin cuci. Hal ini karena dapat merusak cardigan sehingga tidak layak digunakan lagi. Deterjen yang digunakan pun sebaiknya yang lembut agar noda-noda yang dibersihkan dengan tangan dapat hilang perlahan.


Sebelum mencucinya, baliknya cardigan bagian dalam ke luar dan sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk melindungi bagian luar baju dari adanya gesekkan serta robekan dari bahan lain. Disamping itu, warna cardi pun tidak mudah kusam dan luntur. Dengan begitu, cardigan rajut pakaian selalu tampak lebih lama.


Hindarilah penggunaan pelembut dan pemutih pada cardigan. Bahan kimianya dapat menyebabkan warna cardi mudah pudar dan benang mudah kusut atau putus. Dalam menyimpannya, anda tidak perlu menyetrika cardigan terlebih dahulu. Sebab, hal ini dapat menyebabkan serat rajut longgar dan menyusut. Alangkah baiknya merapikan pakaian dengan steamer tidak terlalu panas.


Itulah penjelasan mengenai cara menyimpan cardigan rajut wanita yang benar agar pakaian tidak mudah lusuh dan kusut. Hal ini penting diketahui mulai dari mencuci, mengeringkan, melipat hingga menyimpannya bagi pemilik cardigan. Benang Jarum menyediakan berbagai cardigan rajut dengan berbagai pilihan, model, warna, dan ukuran yang trendy.


4 views
bottom of page