top of page

Bintang Capella

Blog Tips

Home: Welcome
Home: Blog2
  • Bintang

Cara Mengusir Tikus: Gunakan Penjepit Tikus


penjepit tikus cap gajah
tikus nakal di rumah

Tikus adalah salah satu hewan yang sulit dikendalikan, terlebih jika ia sudah menemukan akses untuk masuk ke dalam rumah. Mengapa tikus dikatakan hewan yang sulit dikendalikan? Hal ini karena beberapa alasan yaitu; tubuh tikus fleksibel, tikus bisa berkembang biak dengan cepat, tikus termasuk hewan pemakan segala, tikus biasanya bersembunyi di tempat yang susah dijangkau manusia, tikus mempunyai ingatan sangat baik.


Dari beberapa alasan itulah, tikus ini sering dimusnahkan oleh manusia dengan beragam cara. Pasalnya, selain mengganggu tikus juga sering merusak barang-barang. Untuk memusnahkan tikus ini biasanya menggunakan penjepit tikus, lem tikus, atau jebakan lain.


Tikus termasuk hewan pemakan segalanya


Makanan tikus ini tergantung dimana ia tinggal. Walaupun demikian, tikus tetaplah hewan hama yang dikenal hewan omnivora. Tikus ini akan memakan apa saja yang mereka temukan, termasuk jika ia menemukan makanan yang dimakan manusia. Berikut jenis tikus yang umum ditemukan.

  • Jenis tikus atap. Tikus ini biasanya hidup di atas atap rumah. Makanannya daging, biji-bijian, bisa juga buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Jika anda meletakkan makanan sembarangan, bisa jadi tikus ini juga akan memakan makanan anda tersebut.

  • Jenis tikus got. Jenis tikus ini memilih jenis makanan yang lebih seimbang dibanding dengan tikus got. Makanan kesukaannya antara lain; buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, daging bahkan ikan.


Melihat tikus yang demikian ini, maka penting bagi anda untuk menjaga kebersihan rumah, dan menutup makanan dengan baik. Tikus dapat bersembunyi dimanapun, seperti; atap rumah, di ventilasi udara, dibalik perabotan rumah tangga seperti kulkas atau kompor, mesin mobil, dan yang lainnya.


Cara mengusir tikus dari rumah


Selain hama, tikus juga dapat mengganggu rumah anda. Cara terbaik agar tikus tidak betah berada di rumah anda yaitu dengan beberapa cara berikut;

  • Menjaga rumah agar tetap bersih yaitu dengan tidak menumpuk barang bekas karena hal itu bisa menjadi tempat paling nyaman untuk tikus bersembunyi.

  • Menyimpan bahan makanan menggunakan wadah tertutup.

  • Segera mencuci piring kotor, tidak meninggalkan di bak hingga semalaman.

  • Mengosongkan tempat sampah

  • Tidak meninggalkan kantong plastik di dalam rumah

  • Pastikan pipa dan saluran air masih dalam keadaan baik / tidak bocor.


Jika rumah anda sudah bersih, secara otomatis tidak akan ada tikus bersarang di rumah anda. Namun bagaimana jika tikus sudah terlanjur ada di rumah anda? selain tetap menjaga kebersihan rumah, anda juga bisa mengusirnya dengan cara alami, misalnya; dengan menggunakan kantung teh bekas, menggunakan cengkeh, menggunakan cuka, bawang putih, bubuk kopi, kamper, dll.


Gunakan Penjepit Tikus


Tidak hanya itu, saat ini sudah banyak dijual jebakan tikus modern agar lebih mudah penggunaannya, salah satunya yaitu penjepit tikus dari Cap Gajah. Alat perangkap tikus ini didesain dengan teknologi gerigi tumpul yang kemudian saling mengunci. Tikus yang sudah masuk akan langsung terjepit dan mati seketika, namun tidak meninggalkan darah.


Penjepit tikus dari Cap Gajah ini memiliki jepitan yang begitu kuat. Dilengkapi gerigi penjepit tumpul yang otomatis mengunci pada saat dilewati tikus, lalu tikus akan mati seketika tanpa adanya cipratan darah. Selain itu, Anda juga bisa langsung membuang bangkai tikus melalui sela-selanya dan mencuci alat ini untuk digunakan kembali.

10 views
bottom of page